Setelah bekerja sebagai HR selama beberapa waktu, saya menyadari bahwa tugas HR tidak hanya sekadar mengelola administrasi karyawan dan menyelesaikan masalah saja. Namun lebih dari itu, tugasnya menyangkut segala aspek, diantaranya membangun kapabilitas, meningkatkan motivasi, dan produktivitas karyawan, dan loyal kepada perusahaan.
Seorang HR profesional dituntut untuk terus menambah ilmu sehingga dapat membantu perusahaan untuk memenangkan persaingan ataupun melewati masa sulit, seperti kondisi covid-19 saat ini.
Untuk itu, seorang HR harus memiliki strategi. Strategi diperlukan perusahaan dalam merencanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan proses bisnis perusahaan. Perusauhaan khususnya divisi HR perlu membuat strategi atas apa yang akan dilakukan di masa depan demi kemajuan perusahaan. Startegi HR juga berguna sebagai acuan HR dalam menjalankan fungsinya agar tujuan bisa tercapai sesuai dengan harapan perusahaan.
Adapun contoh broadcast strategis HR pada masa Covid-19 :
Hallo all,
Selamat malam, sebelum rekan2 beristirahat, ada sedikit informasi yang semoga bisa bermanfaat, untuk menemani malam ini sebelum tidur :
3 Strategi Pemasaran Untuk Bisnis di Masa Pandemi Covid-19
Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan berbagai pihak. Bisnis menjadi salah satu sektor yang terdampak cukup besar dan bahkan mengalami krisis di tengah pandemi ini.
Untuk itu, perlu dilakukan beberapa strategi pemasaran agar bisa bertahan di tengah krisis ini.
Berikut 3 (tiga) strategi pemasaran yang bisa dilakukan:
1. Empaty
Di masa pandemi ini, berjualan dengan empati akan lebih menarik ketimbang berjualan secara hard selling. Jadi, sebagai sebuah merek juga harus bisa melihat situasi di tengah krisis.
Misalnya, penjualan produk disertakan dengan sumbangan masker/ hand sanitizer/ APD, yang akan disumbangkan kepada yang membutuhkan di tengah pandemi ini.
Jadi bagaimana sebuah merek/brand dapat berempati baik itu pada konsumen atau lingkungan
2. Giving
Dewasa ini, give away menjadi cara yang paling viral, untuk mencari viewer, subscribe ataupun lain.
contohnya, Jika ada kendala, ketika anda melakukan live streaming namun viwernya sedikit, mungkin cara ini bisa menjadi salah satu solusi, Hal ini banyak dilakukan oleh artis, toko-toko (PS store) atau bahkan perusahan-perusahaan, yang baru ini viral adalah perusahaan kosmetik yang memberikan give away sempat menjadi tranding topik. Tentu ini sangat baik untuk pemasaran.
3. Solution
Agar bisa bertahan, setidaknya sebuah merek/brand harus bisa memberikan solusi yang dibutuhkan di tengah pandemi. Seperti misalnya :
Dimasa pandemi customer tidak bisa datang untuk merepair /memperbaiki brandnya
Maka jadilah salah satu solusi, ketika customer tidak bisa datang untuk merepair, dibuat lah live streaming / tutorial perbaikan merek/brand anda (yang simpel dan mudah2 saja, demikian pula live streaming barang penjualan di dealer-dealer).
jadi Bagaimana merek anda menjadi solusi untuk customer
Semoga bermanfaat.
#selamatberistirahat
Posting Komentar